0
Manfaat Permainan Catur Bagi Anak - Cara Meningkat Kecerdasan dan Pembinaan Watak serta Mental Anak melalui permainan Catur (Permainan Asah Otak).
Artikel menarik tentang catur Lainnya dapat anda lihat disini : 

Federasi Catur Dunia yang lazim disingkat dengan FIDE (Federation Internationale Des Echecs) hingga kini telah mempunyai anggota lebih dari 157 negara yang bekerja sama dengan UNESCO (badan PBB yang menangani Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan). FIDE pernah mengadakan penelitian di beberapa Negara mengenai pengaruh catur terhadap pendidikan.
Kesimpulannya: Permainan catur sangat baik bagi pembinaan watak serta mental anak, bahkan membantu meningkat kecerdasan manusia, terutama usia muda.

Dibeberapa Negara, catur digiatkan dan diperkenalkan sejak dari sekolah dasar. Catur dikatagorikan sebagai olahraga mental untuk megimbangi olahraga fisik. Beberapa pakar mengakui bahwa catur meningkatkan daya kerativitas dan mempertajam daya nalar. hampir semua ahli sependapat bahwa catur mengandung nilai-nilai ilmu, seni dan olahraga.
Di Indonesia, catur juga semakin banyak penggemarnya. Bahkan beberapa pecatur cilik Indonesia sempat mengharumkan nama bangsa dan Negara di tingkat dunia.
Puerto Rico 1979 - Utut Adianto  pernah pula menjadi Runner-up Dunia untuk usia 14 tahun (sekarang sudah termasuk Grandmaster Super di Dunia dan juga seorang Sarjana). Di Puerto Rico 1989 - Irwin Irnandi tampil sebagai Juara dunia Catur untuk usia 10 tahun dan memperoleh gelar MF (Master Fide), sedangkan Maria Lucia Ratna Sulistya muncul sebagai Runner-up Dunia untuk kelompok putri usia 14 tahun (sekarang bergelar MIW -Master Internasional Wanita) dan juga bergelar Sarjana Hukum.
Dan sekarang bermunculan Grandmaster muda yang berbakat seperti GM Susanto Megaranto, sebagai pecatur siapa yang tidak kenal dengan dia yang telah menjadi pecatur terkuat Indonesia diusia mudanya, kemudian GMW Irene Kharisma Sukandar pecatur putri Indonesia yang bakatnya luar biasa hingga membawa dia menjadi Grandmaster Wanita termuda dan terkuat di Indonesia dan disegani di tingkat dunia.


Deretan Pemain Catur yang sudah bergelar Grand master di atas membuktikan bahwa Indonesia sesungguhnya tidak kekurangan bibit dan bakat dalam olahraga adu otak ini.
Yang disayangkan dari pecatur yang belum dikenal seperti para GM diatas sebagian besar anak-anak (para pecatur) yang ada di indonesia ini, yang mungkin dapat menyamai atau bahkan menyaingi prestasi seperti pecatur yang sudah saya sebutkan diatas, masih merupakan “Pemain Alam” yang “Buta Teori”, Mereka belum memahami Peraturan Permainan Catur secara benar.

Dr. Siegbert Tarrasch seorang Grandmaster Catur yang namanya terkenal pada permulaan abad XX pernah mengatakan “Like love, like music, chess has the power to make man happy”"Seperti cinta, seperti musik, catur berpotensi untuk membahagiakan manusia".
Pelajaran dasar main catur ini sengaja dipostingkan untuk memperkenalkan olahraga catur bagi mereka para pemula sebagai landasan dasar yang kokoh dalam memahami permainan yang agung ini. Saya berharap semoga pelajaran dasar catur ini dapat menuntun peminatnya memperoleh kesenangan dan kebahagiaan dalam memainkan catur yang indah ini. Bahkan turut bangga jika di antara anda nanti ada yang muncul sebagai Juara Dunia

Post a Comment

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top