2
Catur Untuk Pemula, Belajar Mengenal Langkah Masing-masing Buah Catur dan Cara Memukul atau Memakan Buah Lawan - Catur dapat kita diumpamakan sebagai pasukan tentara. Pasukan itu memiliki berbagai jenis senjata dan perlengkapan. Pada permulaan permainan, masing-masing pihak mempunyai : Satu Raja, Satu Menteri, Dua Benteng, Dua Gajah, Dua Kuda dan Delapan Bidak atau Pion.
Artikel menarik tentang catur Lainnya dapat anda lihat disini : 

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, hal yang harus kita diperhatikan pada kedudukan awal susunan buah catur yang benar ialah Menteri putih dan Menteri hitam. Menteri putih harus berada dipetak putih disamping kiri Raja putih begitu juga dengan Menteri hitam harus menempati petak hitam sehingga berhadap-hadapan dengan Menteri putih. Dengan demikian, Raja putih juga berhadap-hadapan dengan Raja hitam.
Kalau kedudukan awal Menteri tertukar dengan Raja dan diketahui sebelum pertandingan selesai, maka permainan dianggap tidak sah dan harus diadakan pertandingan ulang. Sekarang lebih jelas bagi kita, sayap mana disebut Sayap Menteri dan mana yang sayap-raja. Selanjutnya merilah berkenalan dengan cara melangkahkan atau menjalankan buah catur. Juga cara memukul atau memakan buah lawan.

Raja
Raja memegang peranan terpenting dalam permainan catur. Harganya tidak ternilai. Kalau kita berhasil menangkap Raja lawan, maka permainan selesai sudah dan kita menang.
Sebaliknya kalau raja kita tertangkap oleh musuh, berarti kita kalah. Oleh karena itu Raja harus dijaga hati-hati dan dibela mati-matian inilah tujuan dari permainan caur ini.
Cara Raja melangkah atau memukul sebenarnya sama dengan Menteri, tetapi terbatas satu petak saja ke segala arah. Raja putih di e4 boleh melangkah ke semua petak yang mengelilinginya, Jumlah petak yang dapat dia capai adalah delapan. Cara Raja memukul sama dengan cara jalannya. Dia boleh memukul buah catur lawan yang tidak dilindungi oleh buah lawan yang lain. Lihat gambar dibawah:


Mentri

Menteri merupakan buah yang terkuat. Dia boleh melangkah kekiri, kekanan, kedepan, kebelakang dan juga miring sepanjang diagonal. Apabila tidak ada penghalangnya, maka dari petak d4 ( seperti tampak pada gambar disamping) mentri dapat menjangkau 27 petak lain. Ini berti Menteri mempunyai 27 pilihan untuk pindah kepetak lain.

Cobalah hitung jumlah bulatan hitam yang menunjukkan petak yang dapat dicapai oleh Menteri itu! Bila ada buah catur lain yang menghalangi jalannya, maka Mentri tidak boleh melewati atau melompati buah lain itu. Kalau buah lain itu kepunyaan lawan, dia boleh memukul atau memakan buah lawan itu dan sekaligus menduduki petak tempat buah lawan tadi. 

Benteng
Benteng merupakan buah catur terkuat kedua sesudah Menteri. Dia boleh melangkah maju atau meundur sepanjang lajur atau berjalan kekiri dan kekanan sepanjang baris.
Perbedaanya dengan Menteri ialah dia tidak boleh berjalan miring sepanjang diagonal. Cara memukul atau memakan buah lawan sama dengan Menteri. Tetapi terbatas sepanjang lajur dan baris yang dikuasainya. Ada empat belas petak yang dapat dicapai benteng dalam keadaan leluasa. Lihat titik hitam pada gambar dibawah, dan hitung titik yang dapat dijangkau oleh Benteng.






Gajah atau Peluncur
Gajah lebih lemah dari benteng. Gajah hanya boleh berjalan miring menyusuri diagonal.
Karena itu gajah yang berada dipetak putih, tidak mungkin beralih kepetak hitam. Sebaliknya Gajah petak hjitam tidak bisa melangkah kepetak putih. Ada tiga belas petak yang dapat dicapai gajah atau Peluncur dalam keadaan leluasa. Lihat gambar disamping dan hitung titik yang bisa dijangkau oleh tiap gajah atau Peluncur.








Kuda
Kekuatan Kuda dianggap seimbang dengan Gajah. Cara Kuda melangkah memang istimewa, lain dari yang lain. Dia melompat sebanyak dua petak menurut lajur atau baris dan kemudian sepetak lagi ke samping lajur dan baris itu (seperti huruf L).
Kuda putih pada gambar dibawah berada di petak e5. Titik hitam yang terdapat disekeliling Kuda menunjukan daerah yang dapat di jangkau oleh kuda di setiap langkahnya. Dari gambar dibawah, ada 8 titik pada setiap petak dapat dicapaioleh Kuda. Begitu juga cara kuda memukul, buah musuh yang berada di setiap titip yang menunjukan langkah kuda seperti gambar disamping boleh dimakan jika situasi bola anda aman, atau buah musuh berada diluar pengawasan buah lainnya.
Kuda yang berada di petak hitam hanya bisa pergi atau memukul buah lawan pada petak putih. Sebaliknya jika Kuda itu berada di petak putih, maka dia hanya bisa atau memukul ke petak hitam. Hanya Kuda yang boleh jalan melompati buah catur lain yang ada di sekelilingnya. Begitulah cara Kuda melangkah dan memukul.

Bidak
Bidak merupakan buah yang terlemah. Dia tidak boleh mundur walau apapun yang terjadi. Dari kedudukan asalnya, setiap bidak boleh melangkah maju kedepan sejauh dua petak. Tapi boleh juga hanya sepetak saja. Ini tergantung dari kehendak si pemain.
Gambar disamping memperlihatkan kedudukan asal semua bidak.

Artikel Terkait: 
Dari kedudukan ini, setiap bidak boleh dimajukan satu petak atau dua petak sekaligus. Bidak yang sudah lepas dari kedudukan asal, hanya boleh melangkah maju satu petak saja. Bagaimana kalau di depan bidak itu ada buah sendiri atau buah lawan? Dengan sendirinya bidak itu tidak bisa maju.
Bagaimana cara bidak memukul atau memakan buah lawan?
Bidak memang mempunyai keanehan tersendiri. Cara memukulnya tidak sama dengan cara jalannya. Bidak memukul miring kedepan (arah diagonal). Jadi sama seperti Gajah, hanya terbatas sepetak saja jauhnya. Begitulah cara Bidak melangkah dan memukul.

Sekian dulu artikel tenang "Catur Untuk Pemula, Belajar Mengenal Langkah Masing-masing Buah Catur dan Cara Memukul atau Memakan Buah Lawan". Semoga artikel kali ini, semakin menarik para peminat catur untuk mengasah kemampuannya masing. Terima Kasih...

Post a Comment

  1. Artikel yg Sangat bermanfaat Pak...
    Minta KunBalnya dong Pak :)

    ReplyDelete
  2. terimaskih TSK atas kunjungan dan pujiannya. Segera TSK.

    ReplyDelete

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top