0
Istilah En Passant dalam permainan caturSudah pernahkah kamu mendengar istilah en passant pada permainan catur? Menurut Sejarah CaturIstilah En Passant ini sudah sejak dulu, 60 dari 100 orang pemain catur atau pecatur tentu pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan istilah en passant. Sama halnya dengan istilah istilah catur lainnya seperti istilah Skak dan juga istilah Rokade serta istilah Promosi dalam permainan catur. Istilah En passant ini juga sering terjadi dalam permainan, “Ya iyalah istilah en passant kan istilah yang ada dalam permainan catur” haha. Hanya saja kita belum mengetahui apa nama istilah tersebut. 
Baca istilah-istilah permainan catur yang harus kita ketahui: 


Masing masing pecatur memiliki 32 kotak area atau sebut saja wilayah kekuasaan pasukan / bidak kita. Masih bingung? “Pastilah soalnya penjelasan admin kurang jelas” 
Oke… Kamu sekarang sedang membaca artikel yang sangat tepat, artikel yang berjudul: Istilah En Passant dalam permainan catur ini akan menambah wawasanmu dalam permainan catur. 
Istilah En Passant merupakan sebuah istilah permainan catur yang sebagian pecatur anggap tidak ada, entah itu karena tidak ada peraturan dari panitia pertandingan bahkan dikarenakan tidak ingin mencari masalah dengan lawan dan bisa jadi juga karena terlalu menikmati pertandingan sehingga istilah en passant ini jarang diberlakukan.

Pengertian Istilah En Passant dalam Permainan Catur 
Istilah En Passant dalam permainan catur adalah diamana posisi pion bergerak dengan dua petak maju atau melangkah 2 kotak dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan.
Contoh Istilah En Passant
Maka pion lawan bisa menangkap atau memakan buah musuh dan menempati petak yang baru dilewati oleh pion tersebut (seakan-akan pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun perlu juga diingat bahwa langkah ini hanya bisa dilakukan sesaat sesudah langkah pion maju dua petak. Atau hak pemain lawan untuk melakukan langkah en passant ini akan hilang.
Sekian artikel tentang penjelasan Istilah En Passant Dalam Permainan Catur Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan para calon pecatur.
Jangan lupa sarannya ya bos? Agar blog ini tetap hidup
Terima Kasih

Post a Comment

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top