0
Istilah Rokade Dalam Permainan Catur - Bagaimana cara melakukan Istilah rokade? Perlu kita pahami, bahwa Rokade adalah sebuah gerakan khusus dalam permainan catur yang biasanya kita lakukan saat posisi raja kita terjepit, dan atau mungkin juga bisa kita lakukan demi memantapkan serangan kita untuk membunuh raja lawan dengan cepat (tergantung pada strategi dan posisi buah yang kita tempatkan saat menyerang buah lawan).
Baca istilah-istilah permainan catur yang harus kita ketahui: 


Istilah Rokade Gerakan ini dilakukan oleh raja dengan benteng. Pada Intinya, Istilah rokade adalah dimana posisi benteng dan raja bertukar. Tetapi tidak menempati posisi semula buah tersebut. Dan Pada istilah rokade ini juga, buah pertama yang kita angkat adalah Benteng kemudian raja. Lihat gambar dibawah.
Contoh Istilah Rokade
Teknisnya adalah, Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya atau sebut saja pertukaran posisi (posisi Raja dan Benteng), kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja.
Perlu diperhatikan juga, bahwa untuk melakukan istilah rokade ini tidak sembarangan, selain hanya bisa dilakukan satu kali dalam satu pertandingan, rokade ini juga memiliki beberapa persyaratan lain, diantaranya:
  • Bidak Raja dan Benteng yang akan dijalankan untuk rokade harus belum pernah bergerak atau melangkah sebelumnya.
  • Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng, artinya tidak ada penghalang antara bidak raja dan bidak benteng.
  • Raja tidak dalam keadaan sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh bidak lawan.
Catatan:
Ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi ketika pecatur sedang bermain, dan itu seharusnya tidak berlaku. Perhatikan berikut ini :
  • Bidak benteng yang akan dijalankan untuk rokade sedang dalam posisi diserang.
  • Jika benteng yang akan digunakan rokade berada di sisi Ratu, maka petak yang berada tepat di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan.
Sekian Artikel tentang "Istilah Rokade Pada Permainan Catur", semoga artikel ini bermanfaat. 
Selamat Bermain Catur, Terima Kasih

Post a Comment

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top