0
Nama Langkah Gerakan Masing-Masing Setiap Biji / Buah Catur - Dalam permainan catur, selain biji catur yang musuh kita miliki yang harus kita pahami juga adalah langkah dari masing masing biji catur yang kita miliki. Jika kita sudah memahami langkah demi langkah atau arah biji catur, maka kita akan merasa lebih mudah untuk memindahkan biji catur, baik untuk mengancam pertahanan musuh maupun untuk mengantisivasi serangan musuh.

Pada artikel yang berjudul "Nama Langkah Gerakan Masing-Masing Setiap Biji / Buah Catur" kali ini, saya ingin memperkenalkan langkah dasar biji catur. Karena artikel ini membahas tentang dasar dasar permainan catur, saya berharap para pemain catur yang melihat artikel ini tidak terlalu mengkritisi artikel saya yang masih terlihat newbie ini. :)


Sebelum permainan catur dimulai, pecatur (orang yang memainkan catur) memilih warna buah yang akan ia mainkan.
Yang memulai langkah pertama adalah pemain yang memegang Buah atau biji Putih, dan selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian.
Dalam permainan catur, setiap pecatur hanya boleh menggerakkan satu bidak saja (kecuali untuk Rokade).

Berikut ini adalah Nama Langkah Gerakan Masing-Masing Setiap Biji / Buah Catur Yang ingin saya tunjukan kepada Teman-teman sahabat Blog Pak Ikem:

Arah / Pergerakan Yang Dapat Raja Lakukan - dapat bergerak satu petak ke segala arah "Pergerakan raja, satu langkah ke arah horisontal, vertikal atau diagonal". Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade yang turut melibatkan sebuah benteng.

Arah / Pergerakan Yang Dapat Benteng Lakukan - dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain. Seperti yang telah disebutkan di atas, benteng terlibat dalam gerakan rokade.


Arah / Pergerakan Yang Dapat Gajah / Peluncur Lakukan - Gajah atau Peluncur dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati bidak lain seperti yang dilakukan oleh Kuda.


Arah / Pergerakan Yang Dapat Ratu / Mentri Lakukan - memiliki gerakan kombinasi dari Benteng dan Gajah / Peluncur.


Arah / Pergerakan Yang Dapat Kuda Lakukan - memiliki gerakan mirip huruf L (Lihat titik Hitam disekeliling Kuda), yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Keunikan dari kuda ini, gerakannya dapat melompati bidak-bidak lain, dan


Arah / Pergerakan Yang Dapat Pion Lakukan - dapat bergerak maju (arah lawan) satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, pion dapat bergerak maju dua petak. Pion juga dapat menangkap bidak lawan secara diagonal, apabila bidak lawan tersebut berada satu petak di diagonal depannya. Pion memiliki dua gerakah khusus, yaitu gerakan menangkap En Passant dan Istilah Promosi.

Sekian Artikel tentang "Nama Langkah Gerakan Masing-Masing Setiap Biji / Buah Catur" Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terima Kasih :)

Post a Comment

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top