0
Mengenal Lebih Dekat Papan Catur dan Nama-nama Kotak Catur / Nama Langkah Catur yang terdapat didalam Papan Catur Tersebut.
Artikel menarik tentang catur Lainnya dapat anda lihat disini : 

Ini adalah artikel lanjutan yang telah saya publis, sebelumnya saya sudah membuat beberapa artikel yang membahas Nama-Nama Buah Catur, silahkan dibaca disini.
Pada kesempatan kali ini saya khususkan untuk membahas tentang papan catur,beserta nama-nama kotak catur / nama-nama langkah buah catur dasar agar kita lebih mahir dan memahinya lebih dekat lagi :). Hal ini sangat Penting untuk kita ketahui, Pengenalan terhadap papan catur dan nama-nama kotak yang terdapat didalamnya bagi pemain catur pemula mungkin ini tidak terlalu penting dan tidak harus juga. Tetapi akan alangkah lebih baiknya lagi jika jika kita belajar bermain catur sambil memahami dan mengetahui apa nama langkah yang telah buat / jalankan. Bukankah begitu?

Tujuan pengenalan nama langkah pada permainan catur ini akan sangat dibutuhkan jika anda sudah sampai pada jenjang atau laga pertandingan catur, dimana anda dituntut untuk menuliskan nama-nama langkah catur / langkah-langkah buah yang sudah anda jalankan.
Pertanyaannya Mengapa kita harus menuliskan nama langkah yang sudah kita jalankan? padahal pada saat pertandingan kita diwakili oleh juri?
Oke dah... Juri juga manusia bro bisa saja terjadi kekeliruan dari lawan kita tetapi juri tidak menyadari kesalah tersebut. Intinya kamu mau bermain adil atau gimana, kita ambil sisi positifnya saja, jika pada sebuah pertandingan catur langkah demi langkahnya kita catat dalam sebuah buku, pada saat setelah pertandingan. Entah itu rumah atau diwarung kopi, kita dapat mempelajari kembali langkah-langkah yang sudah kita lakukan pada saat pertandingan yang kita mainkan itu tadi dalam artian mengoreksi kembali langkah-langkah kita. Bukankah tujuan kita ingin menjadi seorang pecatur profesional? Pepatah mengatakan Pengalaman adalah Ilmu yang paling berharga, Seperti itulah kira-kira inti dari pembahasan yang saya sampaikan diatas.


Mengenal Papan Catur Lebih Dekat
Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya dan terdiri dari 32 biji catur, baca Disini: Nama-Nama Buah Catur.
Kemudian petak-petak tersebut diberi warna terang dan warna gelap secara berselang-seling. Dalam istilah catur, warna terang selalu disebut Putih dan warna gelap disebut Hitam. Selain warna Hitam dan Putih pada papan catur juga terdapat beberapa angka (1-8) dan beberapa huruf (a-h). Huruf dan angka ini lah yang kita sebut sebagai dasar untuk mengenal nama langkah catur (Untuk Langkah catur akan kita bahas nanti).
Letak papan catur yang benar menurut peraturan yang sudah kita lihat pada setiap papan catur, bahwa petak sudut sebelah Kanan pemain selalu bewarna Putih dan disebelah kiri selalu berwarna Hitam, Silahkan diperhatikan sendiri. Pada permainan catur juga banyak menggunakan istilah catur yang mungkin bagi sebagian catur pemula belum tahu apa saja istilah-istilah dalam permainan catur. 


Nama-Nama Langkah pada setiap Kotak Catur
Seperti yang sudah saya singgung pada pembahasan diatas. Selain warna Hitam dan warna putih pada kotak catur juga terdapat beberapa angka dan beberapa huruf yang mengelilingi sisi papan catur. Silahkan Lihat gambar disamping.
Mungkin jika anda baru mau belajar bagaimaina cara bermain catur, pernah ingin menanyakan apa maksud dan tujuan dari angka-angka dan huruf-huruf yang terdapat disekeliling kotak catur tersebut. Jika iya, maka pengalamn kita sama :) dan sekarang anda sudah diantarkan pada sebuah artikel yang akan membuat anda lebih tahu. Semangat... Sebentar lagi pertanyaan anda akan terjawab.
Terus gulir dibawah, setelah ini saya akan membahas nama-nama langkah dasar pada setiap kota catur. :)


Nama-nama Langkah Buah catur pada setiap kotak catur
Nah... Ini dia, yang membuat anda dan saya penasaran selama belajar bermain catur. Untuk tahap awal pengenalan langkah-langkah catur ini, saya sarankan anda untuk mulai bermain menggunakan bola putih, karena jika anda menggunakan atau memulai dari warna hitam, anda akan sedikit bingung (dimana anda harus menghitung mundur mulai dari angka sampai hurufnya. Langkah seharusnya misanya langkah anda dimulai dengan bola putih d2-d3/e4 Catat....!!! tetapi jika anda memeulainya dari bola Hitam (menggunakan langkah yang sama) anda harus mulai mencatat langkah anda dari: d7-d6/d5, bikin bingungkan? ). untuk itu, saran agar anda lebih cepat menghafal nama-nama langkah buah catur ini adalah harus dimulai dari bola putih. Lihat gambar disamping, dan hafal langkah-langkah catur tersebut, penghafalan tidak akan sulit jika anda sambil menghadapi papan catur / belajar sungguh-sungguh. Sebuah pertanyaan lagi mungkin terlintas dari pikiran anda, bagaimana jika saya ingin memakan bola lawan, seperti apa langkah yang akan saya catat pada buku catatn langkah saya?
Pertanyaan itu akan saya jawab pada artikel selanjutnya :) terima kasih sudah berkunjung di artikel yang berjudul "Mengenal Lebih Dekat Papan Catur" Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita sesama pemula ini.
Silahkan tinggalkan komentar sebagai dukungan anda, agar blog ini tetap hidup. Share artikel ini, jika menurut anda apa yang saya sampaikan diatas menarik. Terima Kasih

Post a Comment

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top