0
Mengenal Istilah Pembagian Papan CaturLajur, Baris, Diagonal, Sayap-Raja, Sayap-Menteri, Medan Tengah Atau Pusat. Sesuai dengan judul artikel diatas, kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk lebih memahami istilah yang pembagian papan catur. Untuk itu, silahkan perhatikan beberapa istilah pembagiannya beserta gambar penjelasannya.
Artikel menarik tentang catur Lainnya dapat anda lihat disini : 


Papan Catur dan Nama Langkah yang terdapat pada setiap Kotak Catur
Papan Catur


A) Lajur
Yang disebut lajur adalah delapan deretan petak yang membujur (vertikal) dari satu pemain ke pemain lainnya. Dari diagram 4 terlihat bahwa papan catur mempunyai delapan lajur, dari a - h. Lajur-a terdiri dari delapan petak: a1-a2-a3-a4-a5-a6-a7-a8. Lajur-b juga terdiri dari delapan petak, b1-b2-b3-b4-b5-b6-b7-b8. Demikian pula lajur c sampai lajur h.



B) Baris
Yang disebut baris adalah delapan deretan petak yang melintang (horizontal) dari samping kiri ke kanan para pemain. Baris kesatu terdiri dari a1-b1-c1-d1-e1-f1-g1-h1. Baris kedua ialah a2-b2-c2-d2-e2-f2-g2-h2. Demikian pula dengan baris ketiga, keempat hingga baris ke-8.

C) Diagonal
Yang disebut diagonal adalah deretan petak yang sewarna dan miring letaknya. Jumlahnya cukup banyak ada diagonal yang miring kekiri dan miring kekanan. Ada pula diagonal warna hitam dan diagonal warna putih. Sebuah diagonal sekurang-kurangnya terdiri atas dua petak. Diagonal yang terpanjang terdiri atas delapan petak. Penamaan diagonal didasarkan pada nama petak pangkal dan petak ujungnya. Petak pangkal. Petak pangkal adalah petak pada baris terendah (dilihat dari pemain Putih) dan petak ujung adalah petak pada baris tertinggi (juga dilihat dari pemain putih). 


Diagonal a3-f8. Terdiri atas petak a3-b4-c5-d6-e7-f8 salah satu diagonal terpendek adalah b1-a2 yang terdiri dari petak b1-a2. Sedangkan salah satu diagonal terpanjang adalah a1-h8 yang terdiri dari petak a1-b2-c3-d4-e5-f6-g7-h8.

D) Sayap Mentri dan Sayap Raja

Kalau umpamanya papan catur kita bagi dua dari atas kebawah, maka belahan disebelah kiri pemain Putih disebut sayap-menteri dan belahan dikanannya disebut sayap-raja.
Disebut demikian karena kedudukan awal Menteri memang berada dibelahan itu. Demikian pula sayap-raja. Kalau dilihat dari arah pemain Hitam, maka sayap-menteri terletak disebelah kanan sedangkan sayap-raja disebelah kirinya. Sayap Mentri dan sayap Raja inilah kunci utama susunan buah catur, dimana Mentri Putih Selalu berada di kotak putih, begitu pula dengan mentri Hitam (Silahkan perhatikan Papan catur masing-masing). Jika posisi Mentri ini menempati Posisi raja dan ketahuan pada saat pertandingan, maka permainan yang dilakukan dianggap tidak sah.



E) Medan Tengah atau Pusat
Lihat Gambar dibawah. Terlihat empat petak yang dibatasi garis tebal itu tepat berada ditengah papan catur. Keempat petak inilah yang dimaksud dengan medan-tengah atau pusat.


Demikian Istilah Pembagian Papan Catur, Terima Kasih.
Jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan, silahkan berikan saran pada kolom komentar dibawah.

Post a Comment

Mari budayakan memberikan komentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak meninggalkan SPAM!

 
Top